Minggu, 07 Agustus 2011

Shaum Lancar Berkat Oli Paman Sam

Puasa atau shaum bagi umat Islam pada bulan Ramadhan wajib hukumnya. Puasa itu menahan diri dari segala hawa nafsu baik itu, makan, minum, syahwat, amarah dan perbuatan lain yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Dengan puasa dapat melatih kesabaran sehingga diharapkan kita dapat bersabar dalam mengarungi hidup ini.
Berbicara kesabaran jadi teringat hari pertama puasa di bulan Ramadhan. Kalau ingat kejadian ini bikin jengkel tapi juga mengandung hikmah yang berharga untuk diri saya.
Hari pertama puasa bagi saya merupakan hari yang berat karena tubuh harus menyesuaikan diri dari kebiasaan sehari-hari.  Biasanya tidak bangun pagi harus bangun pagi untuk sahur, aduh mata ini masih ingin terpejam dengan mimpi yang indah ..... hehehe.  Biasanya mulut ini begitu mudah melontarkan kata-kata kasar jadi harus direm dan bola mata ini yang selalu melihat makhluk indah ciptaan Tuhan yang berpakaian minim harus dihindari kecuali kalau kepepet ..... hiks. Ini yang susah, biasanya buat tulisan di Kompasiana sedikit syur harus keluar dari karakter tulisan saya. Hmm ..... tapi ini harus saya jalani agar saya tidak bersama setan di akhir nanti.
Sudah setahun ini saya berangkat dan pulang kerja di temani kendaraan mungil yang bernama Karimun. Mobil Karimun ini oleh teman-teman kadang dipanggil bang Kari atau mpok Mumun.Kalau saya lebih senang panggil mpok Mumun alasannya jangan ditanya ya ..... Berangkatlah saya dengan ”mpok Mumun”  berangkat kerja, jalanan lancar sampai kantor tepat waktu.
Detik, menit dan jam berlalu tanpa disadari waktu telah menunjukkan jam lima sore merupakan waktunya pulang. Tak terasa puasa telah dilewati hingga sore hari walaupun masih terasa aneh mengingat waktu siang melihat teman yang biasanya ngegosip terus sekarang sedikit alim .....sariawan mbak. Ada teman yang biasanya jarang shalat .. eh .. hari ini rajin benar dan saya yang biasanya jam istirahat browsing ala bapak Arifinto  Pariporno (mantan anggota DPR dari partai PKS itu lho) sekarang puasa dulu ah.......
Waktunya pulang berharap seperti berangkat tadi pagi yang lancar dan berbuka puasa bersama mantan isteri dan buah hati. Indah bukan?
Ternyata oh ternyata .... khayalan tidak seperti kenyataan, baru saja mpok Mumun saya melewati kantor berjarak 1 km  terpaksa saya menikmati macet....si Komo lewat kali ya....
Macet oh macet, bikin geram ……gggrrrrrrrr ........... Oh ya saya ingat sedang berpuasa. Sabar bro sabar, saya mengingatkan pada diri sendiri. Macet yang tidak seperti biasanya, kesabaran diuji dan sang mantan telpon terus menanyakan kok belum sampai rumah juga. Empat puluh lima menit berlalu, maghrib sebentar lagi, macet masih saya alami dan lihat mobil lain ada yang mogok. Hmmm..... nambah macet lagi aja.
Mpok Mumun saya masih normal hidup menjalani macet bersama saya, saya berpikir mpok Mumun saya bandel juga tidak seperti yang lain. Lha saya baru ingat ..... saya kan calon artis makanya mobil saya pakai oli TOP1, olinya para artis bro and sis .... hehehe.
Oli sintetik dari Paman Sam ini yang saya ketahui indeks viskositasnya ekstra tinggi menyebabkan kekentalan pelumas menjadi tetap stabil di dalam mesin walaupun pada perubahan suhu ekstrim dan efek gesekan menjadi berkurang yang menyebabkan mesin bekerja lebih optimal dan konsumsi bahan bakar menjadi jauh lebih hemat. Makanya dalam macet pun saya tidak khawatir karena mpok Mumun saya minum bensinya tidak banyak dan mesin tidak cepat panas sehingga mpok Mumun tidak pernah “ngadat”.
Suara azan berkumandang, yang di rumah berharap saya datang tapi tidak kunjung pulang, perut sudah berbunyi kerontang, lihat tukang minum berdagang dan saya pun beli tidak hutang.
Dahaga sirnalah sudah, tidak terbayang kalau mpok Mumun mogok mungkin kesabaran saya lewat dan nilai puasa saya pun berkurang. Sampai di rumah jam setengah tujuh, sang mantan cemberut menayakan kenapa pulang terlambat. Saya cuma bilang “macet ma, ada kecelakanan truk tanah terguling”, Sang mantan tidak percaya dan saya pun bilang, :tanya aja tuh sama mpok Mumun”.
“Haa....siapa lagi tuh mpok Mumun? Pacar baru papa ya.....” Aduh......ggggrrrrrr. “Ouw ....”, saya teriak terkena piring terbang tepat di kepala dan saya pun pingsan.

Notes : Tulisan ini diikutkan dalam lomba TOP1 Ramadhan on The Road di Kompasiana
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar